Senin, 02 Desember 2013

Menguji Komputer dengan BIOS Setup




MENINGKATKAN KERJA KOMPUTER MENGGUNAKAN PROGRAM BANTU


Program Bantu (Utility Program)
Merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai aplikasi pembantu dalam kegiatan yang berhubungannya dengan komputer, misalnya memformat disket, mengopi data, mengkompres file, melakukan penganalisaan atau analizing, melakukan pencarian atau searching, melakukan pemeriksaan atau scanning, melakukan penggandaan file, melakukan perbaikan dari setiap sistem yang rusak dan masih mampu dilakukan dengan program ini, dan lain-lain.
Contoh software ini diantaranya :
·         Norton Utility
·         Winzip
·         Norton Ghost
·         Antivirus
·         PC Tools 
·         Xtree
·         QuickDos
·         Advanced SystemCare Pro  
·         dll
Norton Utility
Norton Utilities adalah sebuah perangkat lunak utilitas suite yang dirancang untuk membantu menganalisis, mengkonfigurasi, mengoptimalkan dan menjaga komputer.Versi saat ini 15 dari Norton Utilities Premier Edition untuk Windows XP/Vista/7 dirilis 27 Desember 2010.

Peter Norton menerbitkan versi pertama untuk DOS, The Norton Utilities, Release 1, pada tahun 1982. Release 2 keluar sekitar setahun kemudian, berikutnya ke hard drive pertama untuk garis IBM PC. Petrus perusahaan Norton dijual kepada Symantec pada tahun 1990. Namun namanya tetap sebagai "merek" untuk rentang Symantecutilitas dan perangkat lunak keamanan untuk pengguna rumahan.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgIMklXbqzlvrzk1y1Ic_l6yv7en3r9MRDZR-OJgC2Yr9uO-6rYIg2ONXW3YyRp176vjHQdoACMhKnqwOX7KBYlE8XjlfNRVEM2SGzVg5a7I8M89wwztt0-OhkeO1rJN71A7CRVZ2hlqSFo/s320/Norton_Utilities_15.JPG

Norton Utilities untuk DOS / Windows
Rilis awal 1982 didukung 1.x DOS dan menampilkan utilitas unerase. File ini boleh terhapusdengan mengembalikan huruf pertama dari entri direktori (fitur dari sistem berkas FAT yang digunakan dalam MS-​​DOS, meskipun salah satu yang awalnya tidak didokumentasikan). Utilitasunerase adalah apa yang diluncurkan NU pada jalur menuju sukses. Mengutip Peter Norton,"Mengapa The Norton Utilities menjadi perangkat lunak populer seperti? Nah, kebijaksanaan industri itu telah menjadi standar perangkat lunak yang baik dengan menyediakan kemampuansuperior atau dengan memecahkan masalah yang sebelumnya dipecahkan. Pada tahun 1982,ketika saya duduk di PC saya untuk Unerase menulis, saya memecahkan masalah umum yang tidak ada solusi tersedia.

14 Program yang disertakan
- Unerase, memulihkan file yang terhapus 
- FileFix, perbaikan file rusak 
- DiskLook, menampilkan disk yang lengkap floppy dan peta 
- SecMod, mudah perubahan ke disket 
- FileHide, file kontrol interaktif yang tersembunyi 
- BatHide, file kontrol otomatis tersembunyi
- TimeMark, menampilkan tanggal, waktu, waktu berlalu
- ScrAtr, DOS set untuk bekerja dalam setiap warna 
- Sebaliknya, bekerja dalam hitam putih
- Yang jelas, membersihkan layar untuk kejelasan
- Filesort, floppy disk menyimpan file berdasarkan tanggal atau nama
- DiskOpt, kecepatan akses floppy disk
- Bunyi, menyebabkan PC speaker berbunyi
- Cetak, mencetak file 
Kemudian Norton Untility pun terus berkembang dari tahun 1995 sampai sekarang.
Norton Utilities (15,0)  
Menyertakan fitur dari Norton SystemWorks. Ini mencakup Norton Disk Kecepatan, Norton Disk Doctor, Norton unerase, Registry Restore, Registry Defragmenter, Registry Cleaner, Disk Cleaner, Disk Defragmenter, Startup Manager, Service Manager, Restore Center, System Optimizer, Proses Viewer, dan Uji Kinerja. Versi ini juga termasuk GUI baru. 


Norton Utilities untuk Macinthos
Norton Utilities untuk Macintosh adalah suite utilitas terpisah untuk Mac OS, menyediakan banyak fitur yang sama seperti versi Windows.
Awalnya dirilis pada tahun 1990, membutuhkan Plus Mac dengan 1MiB memori sistem. Alat disk yang disertakan mendukung sistem file HFS saja. Dukungan untuk Apple Disk Drive 20 itu tidak disebutkan secara eksplisit. Ketika Apple merilis Sistem 7, Norton Utilities untuk Macintosh perlu diperbarui untuk berjalan dengan aman. Hal initerbukti menjadi cerita berulang dalam sejarah utilitas; versi awal yang sangat dianggap untuk sementara, tapi terbukti bisa berbahaya bila digunakan dengan strukturdisk yang lebih baru dan sistem operasi sebelum diperbarui. Dan akhirnya pada tahun 2004, Symantec menegaskan telah berhenti mengembangkan Norton Utilities untuk Macintosh dan Norton SystemWorks untuk Macintosh, dan berkonsentrasi upaya hanya pada produk keamanan internet untuk Mac.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjQ3I9uaAa38A_IjUfGR8eZhLO_kn0B8wWwLre_QGXMSAqImTMUiOXicZ2CgCFKVXoq8ubFuAgk9nY9UuLwmta0h98-UVfVjp32uZEs06ei7JzzA36VPCyhAl0QGXxiiUdm82cdPqxor3uF/s320/bios_fsb.jpg
Norton Utilities untuk Unix 
Pada tahun 1990, Peter Norton Komputasi mengembangkan sebuah versi Unix dari NortonUtilities, bekerja sama dengan Segue Software dan INTERAKTIF Systems Corp [52] Ini versiNorton Utilities yang tersedia sampai dengan tahun 1992, ketika Sistem Interaktif berhentipemasaran perangkat lunak. Dalam Februari 1994, AlmondSeed software Inc perangkat lunakberlisensi dan dirilis sebagai "Utilitas Almond untuk UNIX" software AlmondSeed merilis Utilitasuntuk UNIX SCO dan Sun Solaris.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjG9ntI1QD1rZoyZ8DLdT3yRRXergSET8aL-inkUN5iSPKjYUwVjvFqnhqLd5ul3jzMSSDGlL4Pp-Sph7Bn0iU0GwWmFAiVjo5kDVUJdS7RzxIWY5TBfzvyKVgJRHdRG4LsPCZ7VdcwcV7v/s1600/WinZip_icon.png
WinZip 
Adalah sebuah program shareware pengarsipan dan kompresi berkas yang dibuat oleh WinZip Computing (sebelumnya Nico Mak Computing) pada awal tahun 1990-an. Winzip juga menyediakan versi freeware yang mempunyai kemampuan terbatas.


XTree 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp8R2_P88fJsnvBvSkfn3nidM8dQW9hocciGFcRJe-GEkaOi_q2O8SAYoi_hQwmkPuTWyBz98S2KCSsJcSFrh0Le1vuT2EF7vGhAm9gaD30Z89swdAxzXaquoC9XrTZbZgrhNNNb36xJFn/s320/275px-Xtreegold-3.0.png
Adalah manajer file perangkat lunak awalnya dirancang untuk penggunaan di bawah DOS. Diterbitkan oleh Sistem Eksekutif dan pertama kali dirilis pada tanggal 1 April 1985, dan menjadisangat populer. Program ini menggunakan antarmuka karakter mode yang telah banyak unsurbiasanya terkait dengan antarmuka pengguna grafis.

Sebagai DOS yang dikirim dengan manajer file perintah-baris, sampai DOS shell umumnyaberhasil yang telah disediakan dengan MS-​​DOS 4.0. Bahkan pada titik ini, kecepatan dan fitur dari XTreeGold lebih unggul (khusus dukungan untuk format kompresi ZIP dan kemampuan untuk membatalkan penghapusan file). Program ini juga memiliki manfaat memerlukan sedikit memori,penting pada suatu waktu bila kurang dari 640 kB memori yang tersedia untuk program-program untuk menjalankannya. 


Popularitas program ini telah menyebabkan banyak penggemar untuk mengembangkan versi klonyang bekerja dengan sistem operasi modern. Klon dikenal meliputi XFile, ZTreeWin, Unixtree dan Ytree. Para penulis dan pengguna biasanya melihat ini klon sebagai penghargaan untuk program XTree asli daripada pesaing (terutama karena XTree tidak lagi tersedia secara komersial.


Advanced SystemCare Pro 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj2rTYGFgx2lGtyfvU6C2lkTIMKRa4zIftsDqpHdsMAmKyQ9bKMa0gsbK4-TDitvfD9jicBaSrS4IO77CsHyTm5LjZq77BAI57zlbNV9IRe4Vj9PB1ZJWw4bx94sA-G75AXLNE3C46LdWa9/s320/Advanced-SystemCare-Pro.jpg
Salah satu utilities jajaran terbaik dari sekian banyak utilities yang ada saat ini. Banyak fitur dan tools yang terdapat pada Advanced Advanced SystemCare ProSystemCare Pro dengan fungsi yang berbeda-beda sehingga dengan mudah bagi user dalam dalam memilih apa yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan komputer. Selain itu Advanced SystemCare Pro 4 sudah menbasut technologi dan engine terbaru sehingga dalam mengoptimalkan sistem komputer benar-benar sangat terlihat hasilnya.
Dalam Advanced SystemCare Pro terdapat 4 pilihan menu utama diantaranya Quice Care, Deep Care, Turbo Boost dan ToolBox.

Fitur Advanced SystemCare Pro :
- Dirancang untuk lingkungan Windows terbaru sistem. Memberikan kecepatan PC Anda lebih baik dan kehandalan 
- Powerfull Defrag Hard Drive dan Optimasi
- Generasi Jauh Bersihkan Registry dan Optimasi
- Otomatis Bekerja di Background
- Membela Keamanan PC dengan Perlindungan Ekstra
- Cepat dan ekstensif Clean-up untuk Hard Drives
- Menjaga PC Anda berjalan pada kinerja puncak
- Perbaikan Kesalahan Sistem Multi. 




CARA MENINGKATKAN KINERJA PADA BIOS

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSukFmO001V_KVVRpvUEa9KQLj8jJIizO6QvfYb36Jimaz_eO4e7BDX-c4BdWd6sdzd61S9S8XkMyfjQb_jV2g2Pp8oUhffuZa7EstP7yK9Gch01lf6bHBaDtPUCgpFcOFJPyrfbo9D0gr/s320/optimalisasi-setting-BIOS.jpg
Kebanyakan BIOS dapat diaktifkan dengan cara menekan tombol DEL atau F2 saat komputer sedang booting. Dan optimalisasi berikut contoh merupakan konfigurasi dengan menggunakanAWARD-BIOS yang juga tidak terlalu berbeda dengan konfigurasi pada AMI-BIOS. Berikut beberapa point optimalisasi yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer:



Setting Untuk Menghemat Waktu Tungu StartUp
Masuklah pada konfigurasi
 Advance BIOS Feature dan atur point-point yang terdapat didalamnya sebagai berikut:

·         Quick Power on Self Test – Enabled.
·         Boot up floppy seek – Disabled Video – BIOS shadow – Enabled.
·         Port IDE yang tidak terpakai – None.
Pengaturan tersebut dapat mempercepat waktu booting dari 119 detik untuk setting default menjadi 41 detik untuk setting konfigurasi ini.

Setting Untuk Mengoptimalkan Piranti
Setting untuk mengoptimalkan piranti terdapat terdapat pada konfigurasi
 Advance Chipset Features. Beberapa point dapat meningkatkan kinerja komputer antara lain:


·         System BIOS Cacheable – Enabled.
·         SD RAM Cycle length – 2 AGP.
·         Aperture Size – 64 MB.
Setting Untuk Menghemat Energi
Konfigurasi berikut dapat menghemat energi listrik yang Anda gunakan. Dengan begitu tagihan rekening listrik pun semakin sedikit.
·         ACPI Suspend Type – S3 Soff OFF – by.
·         Power Button – Delay 4 sec

Tidak ada komentar:

Posting Komentar